Minggu, 28 Februari 2016

rangkuman ilmu sharraf

01
 v DEFINISI TASRIF
MENURUT lughot, ialah  التغيير {perubahan}
Sedangkan menurut istilah ulama’ sharraf, ialah

تحويل الأصل الواحد الى امثلة مختلفة لمعان مقصودة لا تحصول الاّبها
Perubahan atau perpindahan kalimah dari asal satu atau satu asal {masdar / fi’il madhi} pada bentuk lain yang berbeda –beda karena menghendaki makna yang diinginkan / di tuju.
Contoh;
Asal satu
Makna asal
Kalimat yang berbeda – beda
Makna yang dituju
ضَرَبَ
Telah memukul
يضربُ

اِضربْ
لا تضربْ
ضاربٌ
Sedang / akan memukul
Pukullah
Jangan kau pukul
Yang memukul
Dan seterusnya………………..
-          Jadi perubahan dari lafadz ضرب \ضربا   menjadi يضربُ  اِضرب ْ   لا تضربْ  ضاربٌ  dan seterusnya itu dinamakn tasrif.

- Adapun bentuk asal satu / satu asal menurut ulama’ basroh adalah masdar, ضربًا
- Sedangkan menurut  ulama’ kufah , adalah  fi’il madhi , ضَرَبَ
v Fi’il 
ialah كلمة دلت على معنى فى نفسها واقترنت بزمان وضعا
Kalimat yang mempunyai makna sendiri dan bersamaan dengan zaman.
-          pada dasarnya ada dua;
1.       Fi’il tsulasi
Ialah, fi’il yang huruf asalnya terdiri dari tiga huruf seperti , نَصَرَ
Fi’il tsulasi ada dua;
a.       Fi’il tsulasi mujarrod
Ialah, fi’il tsulasi yang tidak ada huruf zaedahnya seperti, ضرَبَ

b.     
02
Fi’il tsulasi mazid
Ialah, fi’il tsulasi yang ada huruf zaedahnya seperti, اكْرَمَ

2.       Fi’il Ruba’ie
Fi’il yang huruf asalnya terdiri dari empat huruf seperti,فعللَِ
Fi’il Ruba’ie ada dua;
a.      Fi’il Ruba’ie mujarrad
Ialah, fi’il Ruba’ie yang tidak ada huruf zaedahnya seperti,دَخْرَجَ
o   Adapun fi’il yang mulhaq {disamakan} pada fi’il ruba’ie mujarrad ada enam ,sebagaimana yang disebut dalam nadhom maqsud ;

فوعلَ فعْوَلَ كذاكَ فَيْعَلَ # فعْيَلَ فعْلىَ كذاكَ فعْلَلَ
b.      Fi’il Ruba’ie mazid
Ialah, fi’il Ruba’ie yang ada huruf zaedahnya seperti, تدخرج

·         Fi’il tsulasi mujarrod  dan fi’il tsulasi mazid
Dibagi  dua ;
A.      Fi’il salim  {shohih}
Ialah ما سلمت حروفه الأصلية التى تقابل بالفاء والعين والام من حروف العلة والهمزة والتضعيف
Kalimat yang fa’ fi’ilnya, a’in fi’ilnya, dan lam fi’ilnya {huruf asal} selamat dari huruf ilat {wawu, alif, dan ya’} ,hamzah, dan tidak berupa tadl’if {double huruf / taysdid}.
Contoh; ضرب  نصر
B.      Fi’il ghairu salim {selain bina’ shohih}
Ialah, Kalimat yang fa’ fi’ilnya, a’in fi’ilnya, dan lam fi’ilnya {huruf asal} berupa huruf ilat {wawu, alif, dan ya’} ,hamzah, dan  berupa tadl’if {double huruf / taysdid}. Seperti, مدّ  أمل  وعد

ü  Huruf zaedah {tambahan} ada sepuluh berkumpul dalam kalimat,  سألتمونيها

v Bab fi’il tsulasi mujarrad
Ada enam;
 berkumpul dalam kalimat; فتْحُ ضَمٍّ فتْحُ كسرٍ فتْحتانِ # كسرُ فتحٍ ضَمُّ ضَمٍّ كسْرتانِ
1.      
03
wazan فعَلَ  يفعُلُ
Seperti , نصرَ ينصُرُ
2.       Wazan  فعَلَ يفعِلُ
Seperti, ضرب يضرب
3.       Wazan  فعَلَ  يفعَلُ
Seperti  فتح يفتَحُ ,
ü  Semua mauzun yang ikut wazan فعَلَ  يفعَلُ  mempunyai syarat “salah satu a’in fi’il atau lam fi’ilnya harus terdiri dari salah satu huruf halqi yang enam {همزة  هاء  حاء  خاء  عين  غين}, kalau tidak mencukupi syarat maka hukumny    شاذ {Syad} seperti lafadz أبى يأبى   yang ikut wazan فعَلَ  يفعَلُ  yang tidak mencukupi syarat ,maka lafadz tersebut hukumnya syad.

ü  Syad
dibagi tiga;

a.      مخالفٌ للقياسِِ دون الإستعمال نخو,أبى يأبىِ
Menyalahi aturan tetapi tetap dipakai

Lafadz أبى يأبى  a’in fi’ilnya itu dibaca fathah yang mana fi’il tersebut tidak memenuhi syarat ,karena salah satu a’in fi’il atau lam fi’ilnya tidak terdiri dari huruf HALQI

b.      مخالفٌ للإستعمالِ دون القياسِ نخو ,دخل يدخُلُ
Menyalahi pemakaian tanpa menyalahi aturan

Lafadz دخل يدخُلُ   itu sudah mencukupi syarat dalam mengikuti wazan  فعَلَ  يفعَلُtetapi tetap dibaca dhommah a’in fi’ilnya maka fi’il tersebut dihukumi syad.

c.       مخالفٌ للإستعمالِ والقياس  نخو,اليتقصّعُ
Menyalahi pemakaian dan aturan

Lafadzاليتقصّعُ  adalah fi’il mudhare’ yang dimasuki Al {ال} yang mana Al {ال} itu sebagian dari tanda isim yang tidak boleh masuk pada fi’il, maka fi’il tersebut dihukumi syad.
4.      
04
Wazan فعِل يفعَل
Seperti; علم يعلم 
5.       Wazan فعِل يفعِل
Seperti;حسب يحسِبُ

ü  Fi’il yang ikut wazan فعِل يفعِل ad dua macam
                                                                           i.            A’in fi’il mudhore’nya boleh fathah ikut qiyas { فعِل يفعَل} dan boleh kasroh ikut pada { فعِل يفعِل} yang merupakan syad. Yaitu, lafadz حسب يحسِبُ dan saudaranya……
                                                                         ii.            A’in fi’il mudhore’nya wajib diaca kasroh فعِل يفعِل

6.       Wazanفعُل يفعُلُ
Seperti;   حسُن يحسُ

v Bab fi’il ruba’ie mujarrad
Yaitu, mempunyai satu bab فعلَلَ
Seperti lafadz;  دخْرَجَ

v Bab fi’il tsulasi Mazid
Ada tiga bab;
A.      Fi’il tsulasi Mazid ruba’ie
B.      Fi’il tsulasi Mazid khumasi
C.      Fi’il tsulasi Mazid sudasi

1.      Fi’il tsulasi Mazid ruba’ie
Fi’il yang terdiri  dari empat huruf dan ada huruf tambahannya.
o   Wazannya ada tiga
                                                        i.            افعل نخو اكرم  
                                                      ii.            فاعل نخو قاتل
                                                    iii.            فعَل نخو فرَح

2.      Fi’il tsulasi Mazid khumasi
Fi’il yang terdiri dari lima huruf dan ada huruf tambahannya.
Wazannya ada lima;
                                         i.            انفعل نخو انقطع
                                       ii.           
05
افتعل نخو اجتمع
                                     iii.            افعلَ نخو احمرَ
                                      iv.            تفاعل نخو تباعد
                                        v.            تفعَل نخو تكسَر
3.      Fi’il tsulasi Mazid sudasi
Fi’il yang terdiri dari enam huruf dan ada huruf tambahannya.
Wazannya ada lima;
                                              i.            استفعل نخو استخرج
                                            ii.            افعالَ نخو احمارَ
                                          iii.            افعوعل نخو اعشوشب
                                           iv.            افعنلل نخو اقعنسس
                                             v.            افعنلى نخو اسلنقى

v Bab fi’il Ruba’ie Mazid
Ada tiga;
                                i.            تفعلل نخو,تدحرج
                              ii.            افعنلل نخو,اقعنسس
                            iii.            افعللَ نخو,اقشعرّ

{ تنبه }
Ø  Fi’il dibagi dua;
1.       Fi’il muta’addi / waqi’ / mujawwiz
الفعل الذى يتعدّى من الفاعل الى المفعول
Ialah, fi’il yang membutuhkan maf’ul
Contoh:  ضربْتُ زيداً

2.       Fi’il ghairu muta’addi / lazim / ghairu waqi’
هو الذى لم يتجاوز الفاعلَ
Ialah, fi’il yang tidak butuh maf’ul  {fi’il yang suatu pekerjaannya tdk sampai pada maf’ul}
Contoh: حسُنَ زيدُ

ü  Cara memuta’addikan fi’il tsulasi mujarrad
Ada tiga;
a.       Dengan mentaysdidkan a’in fi’ilnya {بتضعيف العين}
06
Contoh: كرّمتُ عمراً
b.      Menambah hamzah {بالهمزة}
Contoh: اجلسْتُكَ
c.       Dengan huruf jar {بحرف الجر}
Contoh: ذهبتُ بعمرٍ


{ فصل فى امثلة من تصريف هذه الأفعال}
Ø fi’il
ada tiga;
v Fi’il madhi
Ialah, هوالذى دل على معنىً وُجِدَ فى الزمان الماضى
fi’il yang menunjukkan makna suatu pekerjaan yang sudah lewat / sudah dikerjakan.
*      Fi’il madhi
 ada dua;
1.       Fi’il madhi mabni fa’il
Ialah,ماكان اوله مفتوحا اوكان اول متحرك منه مفتوحا
fi’il madhi yang huruf awalnya berharkat fathah atau huruf asalnya berharkat fathah.
Contoh:  نَصَرَ   اِنْفَعلَ  اِنْقَطعَ

ü  Harkat  alif
تثبت فى الإبتداء وتسقط فى الدرج
a.       Apabila alif berada diawal kalimat maka harkat alifnya tetap  dibaca seperti; اِبتداءُ 
b.      Apabila alif berada di tengah kalimat maka harkat alifnya terjepit {tidak dibaca}.seperti; وَابْتِداءُ 

2.       Fi’il madhi mabni maf’ul
Ialah,فاعله ما كان اوله مضموما  هو الذى لم يُسمَّ
fi’il madhi yang tidak disebut fa’ilnya dan huruf yang awal berharkat dhommah.

ضُمَّ اوله وكُسِر ما قبل اخرِه
07
Huruf awalnya dibaca dhommah dan huruf sebelum akhirnya dibaca kasroh
Contoh:نُصِرَ   ضُرِبَ
-          Adapun semua  wazan yang diawali dengan huruf zaedah hamzah maka,  hamzahnya tetap mengikutui kaidah diatas artinya, huruf awalnya dibaca dhommah dan huruf sebelum akhirnya dibaca kasroh
Seperti; اُستخرِجَ

v Fi’il mudhare’
Ialah, ما كان اوله إحدى الزوائد الأربع
fi’il yang diawali oleh salah satu huruf tambahan yang empat, yaitu انيت

*      Fungsi huruf mudhara’ah
1.       Alif dan Nun       : khusus mutakallim {wahdah dan ma’al ghair}
2.       Ya’                          : khusus ghaib dan jama’ muannats ghiabah
3.       Ta’                          : khusus mukhatab, mukhatabah, dan mufrad,
 Tatsniyah ghaibah

ü  Fi’il mudhare’ mempunyai dua zaman
1.       Zaman hal                   :يقوم الأن
2.       Zaman istiqbal           :يفعل غداً

ü  سين dan  سوف apabila masuk pada fi’Il mudhare’ maka hanya mempunyai satu zaman, yaitu zaman istiqbal
Contoh: سيدخُلُ   سوف يدخُلُ 

*      Fi’il mudhare’
ada dua;
1.       Fi’il mudhare’ mabni fa’il
Ialah,
ما كان حرف المضارعة منه مفتوحا الاّ ما كان ماضيه على اربعة اخرف فإن
حرف المضارعة منه مضموما
 fi’il mudhare’ yang huruf mudhara’ahnya berharkat fathah,
Kecuali fi’il mudhare’ yang fi’il madhinya terdiri dari empat huruf, maka huruf mudhara’ahnya berharkat dhommah.
o  
08
Adapun wazan fi’il madhi yang terdiri dari empat huruf
دخرج  فاعل  فعّل  افعل
Maka pada fi’il mudhare’nya huruf mudhara’ahnya berharkat dhommah, seperti;
يُدخرج  يُفاعِل  يُفعِّل  يُفعِل

ü  Adapun tanda dari fi’il madhi yang terdiri dari empat huruf  “selain huruf mudhara’ahnya berharkat dhommah, juga dilihat dari huruf sebelum  akhirnya yang berharkat kasroh”
Contoh: يُكرِم   يُفرِّح

2.       Fi’il mudhare’ mabni maf’ul
Ialah,
ضُمَّ اوله وفُتِحَ ما قبل اخرِه
fi’il mudhare’ yang huruf mudhara’ahnya berharkat  dhommah dan huruf sebelum akhirnya berharkat fathah.
Seperti; يُضْرَبُ   يُنْصَرُ

ü  ما  atau لا  {Nafi}  Apabila masuk pada fi’il mudhare’ maka tidak merubah pada sighot fi’il mudhare’
Contoh: ما ينصرُ   لا ينصرَان  لا ينصرون  الخ. من تصريف هذه الأفعال

ü  Amil  jazem {الجوازم} apabila masuk pada fi’il mudhare’ , maka {harkat mufrad mudzakkarnya, Nun tatsniyah, dan Nun mufrod muannats mukhatabahnya  dibuang},  kecuali Nun jama’ muannats {ghaibah dan mukhatabah} yang tidak dibuang,
لأنه ضمير كالواو فى جمع المذكر
Karena  itu termasuk dhomir seperti wawu yang ada di jama’ mudzakkar.

ü  Apabila amil nasab {الناصب} masuk pada fi’il mudhare’, maka {harkat akhirannya yang dhomma diganti fathah dan semua Nunnya yang jadi akhiran kalimat tersebut dibuang kecuali Nunm Jama’ muannats}


v
09
Bab Fi’il amar  {أمر بالصغة او أمر حاضر}
Amar bissighot berlaku pada fi’il mudhare’ yang  menunjukkan makna mukhatab / mukhatabah dan dibaca jazem.

-          Apabila setelah huruf mudhara’ahnya berharkat, maka huruf mudhara’ahnya langsung dibuang dan tidak perlu mendatangkan hamzah washol.
Seperti; تُدَحْرِجُ   menjadi دَحرِجْ
دحرِجْ
دحرجي
دحرجا
دحرجا
دحرجوا
دحرجن

-         Apabila setelah hamzah washol harkat sukun, maka harus mendatangkan hamzah washol sebagai pembantu dan diberi harkat kasroh, sepertiتضْرِبُ    menjadi اِضْرِبْ 
Kecuali, apabila a’in fi’il mudhare’nya berharkat dhommah, maka hamzah washolnya juga diberi harkat dhommah,
Seperti; ;   تنصُرُmenjadi  اُنْصُرْ 

NB: Ulama’ sharraf membaca fathah pada lafadz fi’il amar  اَكْرِمْ
Karena diambil dari asal fi’il mudhare’nya lafadzتُكْرِمُ   yaitu, تُؤَكْرِمُ dari fi’il madhiاِكراماً الخ. من تصريف هذه الأفعال   اَكْرَمَ   يُكرِمَ


والله اعلم بالصواب.........


بقلم
إمام بخارى الأزمى



10





  
الإجتهاد مفتاح لنيل ما تريد




Bersungguh- sungguh adalah kunci dari apa yang anda inginkan










 terima kasih...
semoga bermanfaat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar