01
|
v
DEFINISI TASRIF
MENURUT lughot,
ialah التغيير {perubahan}
Sedangkan menurut istilah ulama’
sharraf, ialah
تحويل الأصل الواحد الى امثلة مختلفة لمعان مقصودة لا تحصول الاّبها
Perubahan atau perpindahan kalimah dari asal satu atau
satu asal {masdar / fi’il madhi} pada bentuk lain yang berbeda –beda karena
menghendaki makna yang diinginkan / di tuju.
Contoh;
Asal satu
|
Makna asal
|
Kalimat yang berbeda – beda
|
Makna yang dituju
|
ضَرَبَ
|
Telah memukul
|
يضربُ
اِضربْ
لا تضربْ
ضاربٌ
|
Sedang / akan memukul
Pukullah
Jangan kau pukul
Yang memukul
|
Dan seterusnya………………..
-
Jadi perubahan dari lafadz ضرب \ضربا menjadi يضربُ اِضرب ْ لا تضربْ ضاربٌ dan seterusnya itu
dinamakn tasrif.
- Adapun bentuk asal satu / satu asal menurut ulama’
basroh adalah masdar, ضربًا
- Sedangkan menurut
ulama’ kufah , adalah
fi’il madhi , ضَرَبَ
v Fi’il
ialah كلمة دلت على معنى فى نفسها واقترنت بزمان وضعا
Kalimat yang
mempunyai makna sendiri dan bersamaan dengan zaman.
-
pada dasarnya ada dua;
1.
Fi’il
tsulasi
Ialah, fi’il yang huruf asalnya terdiri
dari tiga huruf seperti , نَصَرَ
Fi’il tsulasi ada dua;
a.
Fi’il tsulasi mujarrod
Ialah, fi’il tsulasi yang tidak ada huruf
zaedahnya seperti, ضرَبَ
b.
02
|
Ialah, fi’il tsulasi yang ada huruf
zaedahnya seperti, اكْرَمَ
2.
Fi’il
Ruba’ie
Fi’il yang huruf asalnya terdiri dari
empat huruf seperti,فعللَِ
Fi’il Ruba’ie ada dua;
a.
Fi’il Ruba’ie mujarrad
Ialah, fi’il Ruba’ie yang tidak ada huruf
zaedahnya seperti,دَخْرَجَ
o
Adapun fi’il yang mulhaq
{disamakan} pada fi’il ruba’ie mujarrad ada enam ,sebagaimana yang disebut
dalam nadhom maqsud ;
فوعلَ فعْوَلَ كذاكَ
فَيْعَلَ # فعْيَلَ فعْلىَ كذاكَ فعْلَلَ
b.
Fi’il Ruba’ie mazid
Ialah, fi’il Ruba’ie yang ada huruf
zaedahnya seperti, تدخرج
·
Fi’il tsulasi mujarrod dan
fi’il tsulasi mazid
Dibagi
dua ;
A.
Fi’il salim {shohih}
Ialah ما سلمت حروفه الأصلية التى تقابل بالفاء والعين والام من حروف العلة
والهمزة والتضعيف
Kalimat yang fa’ fi’ilnya, a’in fi’ilnya,
dan lam fi’ilnya {huruf asal} selamat dari huruf ilat {wawu, alif, dan ya’}
,hamzah, dan tidak berupa tadl’if {double huruf / taysdid}.
Contoh; ضرب نصر
B.
Fi’il ghairu salim
{selain bina’ shohih}
Ialah, Kalimat yang fa’ fi’ilnya, a’in
fi’ilnya, dan lam fi’ilnya {huruf asal} berupa huruf ilat {wawu, alif, dan ya’}
,hamzah, dan berupa tadl’if {double
huruf / taysdid}. Seperti, مدّ
أمل وعد
ü
Huruf zaedah {tambahan} ada
sepuluh berkumpul dalam kalimat, سألتمونيها
v Bab fi’il tsulasi mujarrad
Ada enam;
berkumpul dalam kalimat; فتْحُ ضَمٍّ فتْحُ كسرٍ فتْحتانِ # كسرُ فتحٍ ضَمُّ ضَمٍّ كسْرتانِ
1.
03
|
Seperti , نصرَ
ينصُرُ
2.
Wazan فعَلَ
يفعِلُ
Seperti, ضرب يضرب
3.
Wazan فعَلَ يفعَلُ
Seperti فتح يفتَحُ ,
ü Semua mauzun yang ikut wazan فعَلَ يفعَلُ mempunyai syarat “salah satu a’in fi’il atau
lam fi’ilnya harus terdiri dari salah satu huruf halqi yang enam {همزة هاء حاء
خاء عين غين}, kalau tidak mencukupi
syarat maka hukumny شاذ {Syad} seperti lafadz أبى يأبى yang ikut wazan فعَلَ يفعَلُ yang tidak mencukupi syarat ,maka lafadz
tersebut hukumnya syad.
ü Syad
dibagi tiga;
a.
مخالفٌ للقياسِِ دون الإستعمال نخو,أبى يأبىِ
Menyalahi aturan tetapi tetap dipakai
Lafadz أبى يأبى
a’in
fi’ilnya itu dibaca fathah yang mana fi’il tersebut tidak memenuhi syarat
,karena salah satu a’in fi’il atau lam fi’ilnya tidak terdiri dari huruf HALQI
b.
مخالفٌ للإستعمالِ دون القياسِ نخو ,دخل يدخُلُ
Menyalahi pemakaian tanpa menyalahi
aturan
Lafadz دخل
يدخُلُ
itu sudah mencukupi syarat dalam mengikuti wazan فعَلَ يفعَلُtetapi tetap
dibaca dhommah a’in fi’ilnya maka fi’il tersebut dihukumi syad.
c.
مخالفٌ للإستعمالِ والقياس
نخو,اليتقصّعُ
Menyalahi pemakaian dan aturan
Lafadzاليتقصّعُ
adalah fi’il mudhare’ yang dimasuki Al {ال} yang mana Al {ال} itu
sebagian dari tanda isim yang tidak boleh masuk pada fi’il, maka fi’il tersebut
dihukumi syad.
4.
04
|
Seperti; علم يعلم
5.
Wazan فعِل
يفعِل
Seperti;حسب
يحسِبُ
ü Fi’il yang ikut wazan فعِل
يفعِل ad dua macam
i.
A’in fi’il mudhore’nya boleh
fathah ikut qiyas { فعِل
يفعَل} dan boleh kasroh ikut pada {
فعِل يفعِل} yang merupakan syad.
Yaitu, lafadz حسب يحسِبُ dan saudaranya……
ii.
A’in fi’il mudhore’nya wajib
diaca kasroh فعِل يفعِل
6.
Wazanفعُل
يفعُلُ
Seperti;
حسُن
يحسُ
v Bab fi’il ruba’ie mujarrad
Yaitu,
mempunyai satu bab فعلَلَ
Seperti lafadz;
دخْرَجَ
v Bab fi’il tsulasi Mazid
Ada tiga bab;
A.
Fi’il
tsulasi Mazid ruba’ie
B.
Fi’il
tsulasi Mazid khumasi
C.
Fi’il
tsulasi Mazid sudasi
1. Fi’il tsulasi Mazid ruba’ie
Fi’il yang
terdiri dari empat huruf dan ada huruf
tambahannya.
o
Wazannya
ada tiga
i.
افعل نخو اكرم
ii.
فاعل نخو قاتل
iii.
فعَل نخو فرَح
2. Fi’il tsulasi Mazid khumasi
Fi’il yang
terdiri dari lima huruf dan ada huruf tambahannya.
Wazannya ada
lima;
i.
انفعل نخو انقطع
ii.
05
|
iii.
افعلَ نخو احمرَ
iv.
تفاعل نخو تباعد
v.
تفعَل نخو تكسَر
3. Fi’il tsulasi Mazid sudasi
Fi’il yang
terdiri dari enam huruf dan ada huruf tambahannya.
Wazannya ada
lima;
i.
استفعل نخو استخرج
ii.
افعالَ نخو احمارَ
iii.
افعوعل نخو اعشوشب
iv.
افعنلل نخو اقعنسس
v.
افعنلى نخو اسلنقى
v Bab fi’il Ruba’ie Mazid
Ada tiga;
i.
تفعلل نخو,تدحرج
ii.
افعنلل نخو,اقعنسس
iii.
افعللَ نخو,اقشعرّ
{
تنبه }
Ø Fi’il dibagi dua;
1.
Fi’il
muta’addi / waqi’ / mujawwiz
الفعل الذى يتعدّى من الفاعل الى المفعول
Ialah, fi’il yang membutuhkan maf’ul
Contoh: ضربْتُ زيداً
2.
Fi’il
ghairu muta’addi / lazim / ghairu waqi’
هو الذى لم يتجاوز الفاعلَ
Ialah, fi’il yang tidak butuh maf’ul {fi’il yang suatu pekerjaannya tdk sampai
pada maf’ul}
Contoh: حسُنَ زيدُ
ü
Cara memuta’addikan fi’il tsulasi mujarrad
Ada tiga;
a.
Dengan mentaysdidkan a’in
fi’ilnya {بتضعيف العين}
06
|
b.
Menambah hamzah {بالهمزة}
Contoh: اجلسْتُكَ
c.
Dengan huruf jar {بحرف الجر}
Contoh: ذهبتُ بعمرٍ
{ فصل فى امثلة من تصريف هذه الأفعال}
Ø fi’il
ada tiga;
v Fi’il madhi
Ialah, هوالذى
دل على معنىً وُجِدَ فى الزمان الماضى
fi’il yang menunjukkan makna suatu
pekerjaan yang sudah lewat / sudah dikerjakan.
Fi’il
madhi
ada
dua;
1.
Fi’il
madhi mabni fa’il
Ialah,ماكان
اوله مفتوحا اوكان اول متحرك منه مفتوحا
fi’il madhi yang huruf awalnya berharkat
fathah atau huruf asalnya berharkat fathah.
Contoh: نَصَرَ
اِنْفَعلَ اِنْقَطعَ
ü
Harkat alif
تثبت فى الإبتداء
وتسقط فى الدرج
a.
Apabila alif berada diawal
kalimat maka harkat alifnya tetap dibaca
seperti; اِبتداءُ
b.
Apabila alif berada di tengah
kalimat maka harkat alifnya terjepit {tidak dibaca}.seperti;
وَابْتِداءُ
2.
Fi’il
madhi mabni maf’ul
Ialah,فاعله ما
كان اوله مضموما هو الذى
لم يُسمَّ
fi’il madhi yang tidak disebut fa’ilnya
dan huruf yang awal berharkat dhommah.
ضُمَّ اوله وكُسِر ما
قبل اخرِه
07
|
Contoh:نُصِرَ ضُرِبَ
-
Adapun semua wazan yang diawali dengan huruf zaedah hamzah
maka, hamzahnya tetap mengikutui kaidah
diatas artinya, huruf awalnya dibaca dhommah dan huruf sebelum akhirnya dibaca
kasroh
Seperti; اُستخرِجَ
v Fi’il mudhare’
Ialah, ما كان
اوله إحدى الزوائد الأربع
fi’il yang diawali oleh salah satu huruf
tambahan yang empat, yaitu انيت
Fungsi huruf mudhara’ah
1.
Alif dan Nun : khusus mutakallim {wahdah dan ma’al
ghair}
2.
Ya’ : khusus ghaib dan jama’ muannats ghiabah
3.
Ta’ : khusus mukhatab, mukhatabah, dan mufrad,
Tatsniyah ghaibah
ü Fi’il mudhare’ mempunyai dua zaman
1.
Zaman hal :يقوم
الأن
2.
Zaman istiqbal :يفعل
غداً
ü سين dan سوف apabila masuk pada fi’Il
mudhare’ maka hanya mempunyai satu zaman, yaitu zaman istiqbal
Contoh: سيدخُلُ سوف يدخُلُ
Fi’il mudhare’
ada dua;
1.
Fi’il
mudhare’ mabni fa’il
Ialah,
ما كان حرف المضارعة منه مفتوحا الاّ ما كان ماضيه على اربعة اخرف فإن
حرف المضارعة
منه مضموما
fi’il mudhare’ yang huruf mudhara’ahnya
berharkat fathah,
Kecuali fi’il mudhare’ yang fi’il madhinya
terdiri dari empat huruf, maka huruf mudhara’ahnya berharkat dhommah.
o
08
|
دخرج فاعل فعّل
افعل
Maka pada fi’il mudhare’nya huruf
mudhara’ahnya berharkat dhommah, seperti;
يُدخرج يُفاعِل يُفعِّل
يُفعِل
ü Adapun tanda dari fi’il madhi yang terdiri dari empat huruf “selain huruf mudhara’ahnya berharkat
dhommah, juga dilihat dari huruf sebelum akhirnya yang berharkat kasroh”
Contoh: يُكرِم يُفرِّح
2.
Fi’il
mudhare’ mabni maf’ul
Ialah,
ضُمَّ اوله وفُتِحَ ما قبل اخرِه
fi’il mudhare’ yang huruf mudhara’ahnya berharkat dhommah dan huruf sebelum akhirnya berharkat
fathah.
Seperti; يُضْرَبُ يُنْصَرُ
ü ما atau لا {Nafi} Apabila masuk pada fi’il mudhare’ maka tidak
merubah pada sighot fi’il mudhare’
Contoh: ما
ينصرُ لا ينصرَان لا ينصرون
الخ. من تصريف هذه الأفعال
ü Amil jazem {الجوازم} apabila masuk pada fi’il
mudhare’ , maka {harkat mufrad mudzakkarnya, Nun tatsniyah, dan Nun mufrod
muannats mukhatabahnya dibuang}, kecuali Nun jama’
muannats {ghaibah dan mukhatabah} yang tidak dibuang,
لأنه ضمير كالواو فى جمع المذكر
Karena
itu termasuk dhomir seperti wawu yang ada di jama’ mudzakkar.
ü Apabila amil nasab {الناصب} masuk pada fi’il mudhare’, maka {harkat akhirannya yang
dhomma diganti fathah dan semua Nunnya yang jadi akhiran kalimat tersebut
dibuang kecuali Nunm Jama’ muannats}
v
09
|
Amar bissighot berlaku pada fi’il mudhare’
yang menunjukkan makna mukhatab /
mukhatabah dan dibaca jazem.
-
Apabila setelah huruf
mudhara’ahnya berharkat, maka huruf mudhara’ahnya langsung dibuang dan tidak
perlu mendatangkan hamzah washol.
Seperti; تُدَحْرِجُ menjadi دَحرِجْ
دحرِجْ
|
دحرجي
|
دحرجا
|
دحرجا
|
دحرجوا
|
دحرجن
|
-
Apabila setelah hamzah washol
harkat sukun, maka harus mendatangkan hamzah washol sebagai pembantu dan diberi
harkat kasroh, sepertiتضْرِبُ menjadi
اِضْرِبْ
Kecuali, apabila a’in fi’il mudhare’nya
berharkat dhommah, maka hamzah washolnya juga diberi harkat
dhommah,
Seperti; ; تنصُرُmenjadi اُنْصُرْ
NB: Ulama’
sharraf membaca fathah pada lafadz fi’il amar اَكْرِمْ
Karena diambil dari asal fi’il mudhare’nya
lafadzتُكْرِمُ yaitu, تُؤَكْرِمُ dari fi’il madhiاِكراماً الخ. من تصريف هذه الأفعال اَكْرَمَ يُكرِمَ
والله اعلم
بالصواب.........
بقلم
إمام بخارى الأزمى
10
|
Bersungguh- sungguh adalah
kunci dari apa yang anda inginkan
terima kasih...
semoga bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar